22 Manfaat Rajin Olahraga Jogging 20-30 Menit Setiap Hari


Berbeda dengan sprint atau lari cepat yang membuat tubuh cepat lelah, berpotensi nyeri otot bahkan cedera, pada olahraga jogging relatif  lebih santai. Menjadi sangat menyenangkan lagi jika jogging bersama teman-teman.

Waktu yang sangat diutamakan untuk jogging yaitu pada pagi hari, tetapi boleh juga sebenarnya pada sore hari.

Ada banyak manfaat dari jogging, yang jelas setelah jogging tubuh akan terasa lebih fresh. Anda dapat melakukan jogging di taman, jalan dekat rumah, atau juga pantai jika tinggal di pesisir pantai.

Adapun aktivitas jogging paling baik dilakukan saat menjelang matahari terbit sehingga tubuh akan terkena hangatnya sinar matahari.

Manfaat Rajin Olahraga Jogging 20-30 Menit Setiap Hari

Manfaat Rajin Olahraga Jogging

Rutinitas Jogging dapat dilakukan selama 20-30 menit setiap harinya, tergantung dari kondisi tubuh dan juga waktu luang yang dimiliki (tetapi jangan berlebihan juga). Berikut manfaat rutin olahraga jogging:

1. Menurunkan Berat Badan

Jogging sangat membantu untuk cepat tercapainya program penurunan berat badan, karena jogging meningkatkan metabolisme dan pembakaran kalori dalam tubuh.

Jogging membakar lemak dalam tubuh sehingga mengurangi lemak berlebih, utamanya di perut, pinggul dan pinggang. Rutin jogging membuat bentuk tubuh lebih langsing dan juga terlihat padat.

Jika Anda telah berusaha sangat keras menyingkirkan lemak perut, tetapi tidak berhasil, Anda harus mencoba olahraga joging. Jogging merupakan latihan pembakaran lemak yang sangat baik.

Saat jogging, kalori dalam tubuh dibakar lebih cepat 2 kali lipat dibandingkan sekedar berjalan kaki.

Anda tidak diwajibkan punya keanggotaan gym!

Siapa bilang untuk menurunkan berat badan membutuhkan banyak biaya?

Dimana jogging dan olahraga lainnya tidaklah memerlukan biaya apa pun, karena yang penting bagaimana caranya badan dapat terus bergerak dengan melakukan jogging.

Sehingga Anda tidak wajib punya keanggotaan gym, walaupun memang sebenarnya dengan masuk ke klub seperti itu, dapat membuat Anda lebih termotivasi untuk berolahraga.

2. Meningkatkan Stamina

Rajin jogging meningkatkan stamina tubuh serta berdampak positif dalam kehidupan sehari-hari.

Peneliti yang berasal dari Universitas Georgia di tahun 2008 pernah melakukan penelitian, menemukan bahwa orang-orang yang rutin jogging mengalami peningkatan level energi hingga 65 persen.

Sehingga, jogging juga sangat baik untuk orang yang sering mengalami lesu karena pekerjaaan, sehingga nantinya tubuh dapat kembali fresh, fit dan bersemangat.

3. Menurunkan Resiko Penyakit

Jogging dapat meningkatkan kekebalan tubuh (tubuh terlindungi dari serangan penyakit) sehingga tidak mudah sakit, bahkan olahraga jogging membantu menurunkan resiko penyakit berbahaya seperti stroke, jantung, hipertensi, diabetes, kanker, osteoporosis.

Olahraga jogging akan memperkuat jantung sekaligus menjaga tekanan darah, sehingga mencegah terjadinya serangan jantung .

Kemudian, paru-paru juga menjadi kuat yang membuat tubuh mampu menghirup oksigen dengan lebih baik lagi. Manfaatnya meningkatkan kapasitas darah untuk mengangkut lebih banyak nutrisi penting ke seluruh organ tubuh.


4. Membuat Bahagia, Membuang Stres

Rajin jogging dapat membuat good mood. Suasana hati yang baik bisa diperoleh dengan rutin berolahraga. Selain itu juga menghilangkan kepenatan dan kejenuhan akibat rutinitas pekerjaan.

Jogging memberikan rasa nyaman dan tenang, yang membuat Anda terhindar dari stress. Apalagi jika jogging bersama maka lebih menyenangkan lagi, yang ini sangat baik untuk psikologis dan menjaga mood baik sepanjang hari.

Jogging dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan kepenatan, dengannya tubuh menikmati olahraga ini sambil menghirup udara segar.

Saat jogging, tubuh memproduksi hormon yang disebut endorfin. Hormon inilah yang memberikan rasa bahagia sehingga membantu menghilangkan stres.

5. Memperbaiki Nafsu Makan

Berolahraga membuat metabolisme tubuh bekerja semakin baik dan meningkat, hal ini memberikan manfaat untuk menjaga nafsu makan.

Biasanya setelah berolahraga muncul keinginan untuk makan. Tetapi yang perlu diingat, jangan makan berlebihan.

Untuk itu, jogging dapat Anda manfaatkan dalam rangka mengatasi masalah nafsu makan rendah.

6. Melawan Penuaan

Manusia seiring dengan bertambahnya usia, maka kepadatan otot dan tulang akan berkurang.

Dengan rajin olahraga jogging. setidaknya membantu mengurangi resiko penuaan yang terlalu cepat, dan kesehatan tulang akan terjaga.

Selain itu, rajin jogging membuat kulit terlihat lebih sehat dan indah. Ini karena berolahraga membuat aliran darah berjalan sangat lancar, yang nantinya meningkatkan penyaluran nutrisi penting bagi kulit.

7. Lebih Tahan Banting

Orang yang rajin olahraga jogging hakikatnya juga melatih dirinya menjadi tahan banting (baik secara fisik maupun mental). Melakukan jogging secara rutin dan terjadwal membutuhkan kerja keras melawan segala rasa malas dan godaan.

Misalnya rasa kantuk, malas bergerak (mager) dan sebagainya. Jika berhasil dilawan, sehingga sadar tidak sadar ini melatih kedisiplinan diri.

8. Metabolisme Tubuh

Rajin melakukan jogging (terutama di pagi hari) bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh sepanjang hari, yang membantu Anda dalam usaha penurunan kelebihan berat badan, menjaga kesehatan jantung serta meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Metabolisme yang meningkat juga dapat menjaga nafsu makan agar tetap baik. Orang tua yang anaknya bermasalah dalam nafsu makannya, maka para orang tua bisa mengajak sang buah hati untuk jogging dan bermain bersama, ini menjaga hubungan orang tua dan anak semakin erat.

9. Membuat Lebih Percaya Diri

Jogging dapat membentuk postur tubuh lebih baik (ideal). Yang secara tidak langsung, jogging membantu seseorang lebih percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain.

Dengan bentuk tubuh yang lebih baik, ditambah lagi dengan mood bahagia yang muncul karena rajin berolahraga. Maka membuat jiwa menjadi sangat baik.

Pada sebuah studi menunjukkan hasil bahwa olahraga jogging dapat menstimulasi hormon yang membuat perasaan lebih bahagia.

10. Memperbaiki Kualitas Tidur

Insomnia menyebabkan tubuh saat bangun tidur tetap terasa lelah dan lesu. Ini menyebabkan seseorang tidak fit dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Masalah insomnia berkaitan erat dengan kualitas tidur rendah. Sebuah studi yang melibatkan para penderita insomnia, mereka diminta berlari secara rutin, hasilnya mereka mampu mempercepat waktu tidur, serta tidurnya lebih nyenyak.

Dari hasil studi ditemukan bahwa berlari setidaknya 16 km dalam seminggu bermanfaat menurunkan resiko tekanan darah, mencegah kolesterol tidak terendap terlalu lama di dalam pembuluh darah. Ini sangat baik untuk kesehatan jantung.

Jika memiliki gangguan tidur, maka jogging di pagi hari akan membantu kualitas tidur yang lebih baik dan nyenyak di malam hari.

Loading...

11. Menjadi Pribadi yang Giat

Rutinitas jogging membutuhkan komitmen besar, butuh perjuangan untuk mengatasi rasa malas yang bersemayam di dalam jwa.

Jika Anda berhasil menjadikan jogging sebagai rutinitas sehari-hari (minimal 5 kali dalam seminggu), maka ini seperti melatih diri agar disiplin. Kebugaran fisik dan ketenangan pikiran akan diperoleh.

Dengan pikiran dan mental yang baik serta kondisi mood sangat tinggi, menjadikan Anda pribadi yang selalu bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

12. Membuat Tubuh Mampu Mengidentifitkasi Gejala Penyakit

Ketika jogging, gerakan-gerakan yang dilakukan merangsang metabolisme tubuh untuk terus meningkat di segala organ tubuh.

Sehingga, saat terjadi kerusakan pada organ tubuh, maka akan dapat dirasakan dengan jelas saat bergerak.

Saat bergerak, Anda dapat lebih mudah mengetahui ada rasa sakit yang tidak wajar di salah satu bagian tubuh, dimana tubuh lebih sensitif dalam mendeteksi adanya suatu masalah.

13. Meningkatkan Konsentrasi

Pada pakar berpendapat bahwa jogging dapat meningkatkan kemampuan otak atau daya pikir.

Yang dengan melakukan jogging membuat pikiran dapat lebih baik untuk berkonsentrasi.

Selain itu, banyak juga para atlet yang berpendapat demikian, bahwa dengan melakukan jogging memberikan manfaat pada peningkatan daya konsentrasi saat melakukan pertandingan atau perlombaan.

14. Bersemangat Sepanjang Hari

Tentunya dalam menjalani aktivitas, kita ingin menjalaninya dengan motivasi tinggi, karena sangat tidak menyenangkan apabila setelah bangun tidur tapi badan terasa lemas dan lesu.

Apabila merasakan masalah seperti itu, Anda bisa merubahnya hanya dengan melakukan jogging. Saat jogging, tubuh lebih sering bernafas serta oksigen dan udara segar masuk ke dalam tubuh lebih banyak, sehingga semangat pun menjadi ‘membara’ saat pagi hari.

15. Menurunkan Resiko Sesak Nafas

Pada sebuah penelitian, menyebutkan bahwa dengan melakukan jogging akan membantu tubuh bernafas lebih lega.

Penelitian tersebut dilakukan kepada para penderita asma, mereka dilatih untuk rutin melakukan jogging selama 3 bulan, lalu hasilnya mereka mengalami penurunan frekuensi kekambuhan asma.

16. Melancarkan Siklus Menstruasi

Masalah siklus menstruasi sering tidak tetap, dimana sangat mengganggu saat datang bulan muncul secara tiba-tiba.

Manfaat melakukan jogging ini khusus wanita agar membuat siklus menstruasi lebih baik. Para wanita bisa berlari santai di pagi hari dalam rangka mengatasi masalah menstruasi yang mengganggu.

17. Kulit Lebih Cerah

Banyak yang mengatakan bahwa jogging memanjangkan umur, tetapi yang sudah dibuktikan dari penelitian yaitu rajin jogging membuat tampilan kulit menjadi lebih sehat dan indah.

Hal itu, karena olahraga jogging bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah di dalam tubuh, yang sangat baik untuk metabolisme sel-sel kulit tubuh.

Alhasil, orang yang rajin jogging cenderung memiliki kulit yang sehat dan indah. Hal ini dapat lebih baik lagi, jika ditunjang dengan sering mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar.

18. Memperbesar Betis Secara Alami

Betis yang terlihat kecil akan mengganggu penampilan. Untuk Anda yang ingin memiliki betis yang lebih besar (tetapi tetap ideal) dan terlihat lebih kencang maka jogging dapat menjadi andalan.

Jogging membuat terjadinya kontraksi di bagian betis, sehingga memicu terjadi pembesaran pada betis karena otot yang membesar secara alami (bukan karena lemak).


19. Paha Lebih Berisi

Bagian tubuh yang paling aktif bergerak saat jogging adalah kaki, yang bergerak dari pangkal hingga ujung dari kedua kaki. Alhasil jika sering jogging dapat membuat otot bokong sampai paha menjadi terlatih dan kuat.

Bagian tubuh tersebut juga semakin kencang dan padat berisi. Hal itu baik untuk membuat tampilan postur tubuh yang ideal, dan dapat menambah rasa percaya diri.

20. Memperkuat tulang kaki

Jogging membuat lemak terbakar dan juga meningkatkan metabolisme sel-sel otot dan tulang.

Gerakan pada kaki saat jogging membuat sel-sel tulang lebih cepat dalam bermetabolisme. Hal itu berfungsi untuk mengganti sel-sel tulang yang rusak dengan sel-sel yang baru. Alhasil, tulang akan lebih padat dan kuat.

Nah, untuk Anda yang bekerja cukup berat, serta dengan mobilitas yang tinggi maka memerlukan kemampuan kaki yang kuat, sehingga untuk menjaga kekuatan kaki lakukan rutinitas  jogging.

21. Dengan rajin jogging, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan banyak teman baru. Seringnya sambil berbincang di sela-sela jogging, sehingga jogging juga bermanfaat untuk bersosial.

22. Jogging memiliki keterkaitan dengan peningkatan produktifitas dan kualitas kerja. Studi yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa rutin melakukan jogging berdampak pada aktivitas kerja. Dalam artian, akan jarang melakukan kesalahan serta dapat bekerja dengan konsentrasi lebih tinggi.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Loading...

Tulisan Terkait: