26 Cara Mengobati dan Mencegah Asma (Alami & Terapi)


Asma adalah sebuah penyakit yang menyerang pada organ pernafasan. Asma umumnya muncul ketika ada peradangan yang menyerang saluran pernafasan dan meningkatkan produksi lendir yang berada pada saluran...

...kondisi seperti itu mengakibatkan saluran pernafasan akan menyempit dan membuat penderitanya kesulitan untuk bernafas.

Cara Mengobati & Mencegah Asma (Alami Dan Terapi)

Gangguan asma biasanya ditandai dengan gejala nafas yang berbunyi, sesak nafas, nyeri bagian dada, dan batuk.

Pada mulanya, biasanya penderita akan mengalami gangguan ringan, setelah itu bisa menjadi lebih berat jika tidak diobati.

Pengobatan Asma
Asma harus diobati untuk meringankan sesak nafas dan gangguan pernafasan. Salah satu jenis asma yang sangat umum adalah asma karena alergi.

Beberapa jenis penyebab alergi yaitu debu, jamur, serbuk sari bunga, bulu binatang, asap, bau menyengat dan udara ekstrim(sangat dingin atau sangat panas).

Gejala asma yang disebabkan karena alergi biasanya yaitu batuk, sesak nafas, tekanan yang kuat pada dada, dan nafas cepat.

Penderita asma karena alergi, perlu menggunakan perlindungan khusus, seperti menggunakan masker, baju hangat, dll.

Pengebab asma lainnya karena batuk, lingkungan, dan asma nocturnal (asma malam).

Pengobatan dan terapi Asma:

#1. Latihan pernapasan
Terdapat beberapa meode latihan pernapasan untuk mengatasi asma, seperti teknik pernapasan Buyteko dan yoga. Tujuan dari latihan pernapasan untuk menjaga pengaturan napas agar tetap baik.

Teknik tersebut memang tidak memperbaiki reaksi alergi utama yang menyebabkan gejala asma. Tetapi pada laporan dari beberapa studi, menyebutkan bahwa latihan pernapasan mampu memperbaiki masalah gejala asma.

Senam pernafasan dilakukan untuk melatih organ paru-paru agar memiliki kapasitas yang normal. Berbagai gerakan senam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan, membuat pikiran rileks, serta menghindari stres.

Berikut beberapa bentuk latihan pernafasan:

-Latihan Penyangga

Latihan Penyangga

Berikut langkah-langkahnya:
  1. Ambil guling kaku dan letakkan di lantai.
  2. Lalu duduk di tepi penyangga dan perlahan-lahan turunkan bokong ke tanah (posisi seperti tidur).
  3. Istirahatkan punggung Anda sepenuhnya pada penyangga.
  4. Tempatkan tangan Anda di sisi, menghadap langit-langit.
  5. Keadaan seperti ini, membuat dada Anda membuka sepenuhnya.
  6. Berkonsentrasi pada pernapasan Anda. Menghirup dan hembuskan napas dalam-dalam.
  7. Konsentrasi pada cara bernapas, serta mengembang dan mengempiskan perut.

-Latihan Kursi

Latihan pernapasan menggunakan kursi

Caranya:
  1. Berdiri dan menempatkan kursi di depan Anda.
  2. Lalu biarkan tangan Anda di pegangan kursi dan perut Anda menunduk menekan sandaran kursi.
  3. Tarik napas dalam-dalam (posisi kepala agak ke bawah)
  4. Lalu hembuskan napas dan kepala melihat ke depan.
  5. Ulangi latihan ini sebanyak 5 kali.

-Camel Pose

Latihan pernafasan Camel Pose
Sumber gambar: https://id.pinterest.com/pin/476044623089596591/

Caranya:
  1. Duduk di depan sebuah kursi, tekuk lutut dengan sudut 90 derajat dan tempatkan kaki dengan kuat di tanah.
  2. Punggung dalam posisi tegak.
  3. Letakkan tangan di belakang, memegang bagian dudukan kursi.
  4. Tarik napas panjang sehingga dada berkembang sepenuhnya.
  5. Berkonsentrasi dan perluas dada semampu yang Anda bisa.
  6. Lalu, bersandar ke kursi dengan kepala mendongak ke belakang semampu Anda (Pastikan leher tidak tegang, dan hati-hati jaga keseimbangan agar tidak jatuh dari kursi)
  7. Lanjutkan, untuk melakukan pernapasan dalam-dalam.

-Dirgha Pranayama (Pernapasan Dalam)

Dirgha Pranayama (Pernapasan Dalam)

Caranya:
  1. Duduk di matras dengan nyaman, dan posisi punggung dan tulang belakang lurus.
  2. Ambil napas dalam-dalam dan panjang melalui hidung.
  3. Konsentrasi pada kondisi bernapas Anda. Udara benar-benar harus mengisi perut dan mengembangkannya.
  4. Buang napas dan rasakan perut Anda mengempis.
  5. Terus melakukan ini beberapa kali.
  6. Lalu tarik napas dalam lagi, dan rasakan udara mengisi bagian tengah paru-paru.
  7. Lakukan ini beberapa kali. Lalu hembuskan.
  8. Pada bagian terakhir dari pernapasan. Tarik napas dalam-dalam dan udara mengisi bagian paling atas dari paru-paru.
  9. Bernapas dalam-dalam, lalu buang napas. Lakukan beberapa kali.
  10. Usahakan menemukan keseimbangan pada ketiga teknik langkah pernapasan ini.

Terapi pernapasan pada penderita asma menurut laman uny.ac.id (Universitas Negeri Yogyakarya)

Spoiler: "Terapi pernapasan pada penderita asma menurut laman uny.ac.id (Universitas Negeri Yogyakarya)" 
Terapi pernapasan dilakukan dengan latihan pernapasan duduk dan pernapasan bergerak. Latihan napas pada posisi duduk bagi penderita asma, dengan pengambilan posisi yang tenang. Pelaksanaan, sebagai berikut :

a. Letakan kedua telapak tangan di depan dada, tarik napas perlahan-lahan dan diikuti tarikan kedua telapak tangan perlahan-lahan ke samping sampai otot dada terulur ke belakang lakukan sampai 7 kali.

b. Sama seperti diatas meletakan kedua telapak tangan di depan dada, tetapi dalam menarik napas dan menarik tangan repetisinya lebih cepat, sekali tarik maka sekali frekuensi pernapasan.

Pernapasan bergerak adalah pengolahan pernapasan yang dilakukan bersamaan dengan melakukan gerak.

Untuk tingkat dasar dengan 4 gerakan, tiap jurus gerakannya dengan intensitas tinggi kira-kira 2 menit.

Pada awal gerakan, napas ditarik sebanyak mungkin melalui hidung, kemudian ditekan dan ditahan dibawa perut sambil menggesek telapak kaki setengah lingkaran dengan gerakan memutar pada posisi tiap penjuru, seiring seirama dengan gerakan tangan.

Untuk I kali menekan dan menahan napas minimal dilakukan pada tiap penjuru, setelah itu napas dikeluarkan melalui hidung.

Setelah semua keempat arah 8 penjuru dilakukan, kemudian atur napas dengan tarik dan keluar napas 2 atau 3 kali, lalu dilanjutkan dengan latihan tingkat lanjut.

Intensitas dalam latihan pernapasan ini terdiri dari 2-4-2 yaitu dua menit dengan latihan
keras diikuti dengan empat menit latihan ringan dengan durasi selama 30 menit dan frekuensi
3 kali seminggu.

Menurut Wara Kushartanti (2002) latihan bernapas harus dilakukan setiap hari dalam
beberapa menit dengan cara sebagai berikut:
1. Hembuskan napas melalui hidung sehingga lendir pada ronkii akan tertarik ke atas.
2. Ambil napas pendek melalui hidung dan hembuskan panjang melalui bibir yang terkatup
renggang, sehingga menimbulkan suara.
3. Panjang fase ekspirasi diusahakan dua kali panjang fase inspirasi.
4. Kendurkan pakaian dan aturlah napas sehingga pada saat ekspirasi perut mengempis, untuk menunjukkan bahwa diafragma meninggi kearah dada. Beritahukan bahwa akan ada batuk dan bunyi ngik selama beberapa detik pertama dari pernapasan diafragma.
5. Minumlah segelas air sebelum dan sesudah latihan.


#2. Obat herbal
Mengobati asma menggunkan obat herbal sangat populer di daerah Asia. Penggunaan obat herbal ini sebenarnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Sehingga jadi Anda memilih menggunakan obat herbal, tetap perlu berhati-hati, dan diskusikan dengan ahli kesehatan mengenai penggunaannya.

Hal yang membuat Anda perlu untuk berhati-hati dalam penggunaan obat herbal, karena muatan obat herbal sering tidak terstandardisasi. Obat herbal mungkin mengandung bahan yang tidak terdaftar, dan bisa saja mengandung kontaminan.

Efek samping dari penggunaan obat herbal bervariasi. Seperti yang dimuat dari situs mayoclinic.com, obat herbal untuk asma yang mengandung ephedra atau semacamnya harus dihindari. Hal itu karena bisa meimbulkam resiko tekanan darah tinggi, serangan jantung dan stroke.

Pada beberapa obat herbal juga dapat berinteraksi dengan obat jenis lain. Sehingga penting berkonsultasi dengan ahlinya sebelum mengonsumsi obat herbal.

#3. Akupuntur
Pada beberapa studi menemukan bahwa gejala asma bisa diminimalisir dapat akupuntur. Penelitian umumnya menunjukkan hasil bahwa tidak ada perbedaan antara akupuntur untuk asma dengan akupuntur placebo untuk perbaikan gejala asma.

Jika ingin menggunakan metode akupuntur sebagai terapi asma, hendaknya memilih klinik yang memiliki izin resmi dan tersertifikasi. Sehingga lebih aman, dan orang yang menterapi sudah ahli dalam bidangnya.

#4. Pijat dan terapi relaksasi
Selain pijat, terapi relaksasi seperti meditasi, relaksasi otot, dll dinilai membantu mengatasi masalah asma. Walaupun teknik tersebut dapat mengurangi stres dan meningkatkan kebugaran, namun penelitian belum menyebutkan efeknya secara langsung untuk mengatasi asma.

#5.Vitamin dan suplemen
Perlu penelitian lebih lanjut tentang seberapa besar manfaat vitamin dan suplemen memperbaiki gejala asma. Manfaat bisa diperoleh dari antioksidan, asam lemak omega-3 dan vitamin D.

Tetapi hal yang paling penting adalah menjaga asupan gizi seimbang, konsumsi makanan bergizi, segar, dan tidak berpengawet.

Hingga saat ini, pengobatan yang dapat menyembuhkan asma memang belum ditemukan. Namun, gejala asma dapat dikendalikan dengan terapi dan pengobatan yang efektif

Banyak juga orang memilih untuk mencari terapi alternatif dan pengobatan alami untuk mengobati asma. Hal itu Biasanya, hal tersebut karena ketidakpuasan pada obat modern, selain itu pengobatan modern memiliki persepsi kurang aman pada efek sampingnya.

Sehingga keinginan untuk mengurangi efek samping obat kimia – contohnya kortikosteroid –, walaupun juga pada terapi alternatif juga masih kurangnya uji klinis yang memadai, sehingga keamanan dan tingkat keampuhan terapi alternatif belum bisa dijamin sepenuhnya.

#6. Ramuan Jahe
Jahe telah terbukti bisa mampu meringankan gejala sesak nafas, serta mencegah (mengurangi) peradangan saluran pernafasan. Jahe dapat digunakan untuk mengobati semua jenis asma.

Cara membuat ramuannya, yaitu dengan merebus beberapa ruas jahe segar yang baru dipetik. Lalu minum air rebusannya ketika masih hangat

Hindari menggunakan jahe yang sudah agak layu (sudah disimpan sangat lama).

#7. Ramuan Bawang Putih
Bawang putih dinilai manjur, terutama untuk meengatasi asma tahap awal. Bawang putih bermafaat untuk membuat lega organ pernafasan, serta mengurangi cairan lendir di dalam organ pernafasan.

Untuk membuat ramuannya, caranya: rebus 2 siung bawang putih di dalam 100 ml air, kemudian minum air rebusannya (ketika sudah agak hangat).

Khusus jika asma anda kambuh karena adanya inflamasi, reaksi alergi atau karena luka di tenggorokan, bawang putih dapat dimafaatkan sebagai obat alami.

Bawang putih memiliki khasiat anti inflamasi, melancarkan peredaran darah dan juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai anti radikal bebas, manfaatnya untuk mengeluarkan histamin dari tubuh. Histamin adalah salah satu penyebab alergi.

Bawang putih mentah merangsang tubuh memproduksi senyawa prostacyclin yang manfaatnya membuat saluran udara (dari hidung hingga paru-paru) terbuka sehingga memudahkan pernafasan.

Jangan makan bawang mentah jika anda memiliki lambung yang sensitif, serta jangan makanan bawang mentah dalam masa kehamilan. Konsumsi berlebihan menyebabkan diare. Konsumsi secukupnya saja (1-2 siung).

loading...

#8. Madu
Madu memiliki kandungan alami yang berkhasiat melegakan saluran pernafasan, yang menenangkan rongga pernafasan.

Madu juga sudah dikenal dengan manfaatnya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Untuk membuat ramuanya, pertama-tama siapkan satu sendok teh madu. Lalu tambahkan sedikit kayu manis bubuk, dan larutkan.

Sebenarnya Anda bisa memilih pengobatan, dengan mengkonsumsi madu secara langsung atau melarutkannya dalam air hangat.

Menurut okezone.com, pengobatan cara alami menggunakan madu dapat membantu untuk mengurangi gejala asma. Madu dapat melegakan saluran pernapasan.

Ramuan berupa madu dan perasan jeruk, ramuan ini cocok untuk anak-anak yang rentan mengidap batuk karena asma.

Cara membuat ramuannya: tambahkan dua sendok makan madu untuk segelas jus perasan jeruk. Minum dua kali sehari, lakukan hingga gejala batuk dan asma membaik.

Ramuan lainnya yaitu madu dan lemon. Kandungan vitamin C dalam lemon meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sifat antiseptiknya dan antioksidan yang tinggi berfungsi untuk membunuh bakteri.

Cara membuat ramuannya: tambahan ekstrak jus lemon ke dalam setengah sendok teh madu dengan segelas air.

Kandungan di dalam madu bermanfaat untuk menenangkan bagian tubuh yang meradang, yang sangat penting untuk meredakan serangan dan gejala asma.

#9. Daun mint
Serangan asma terjadi secara tiba-tiba, sehingga terasa sangat menjengkelkan jika asma datang di waktu yang tidak tepat.

Saat serangan asma datang, umumnya orang menggunakan obat yang bekerja dengan cara disemprotkan. Namun, seperti dilansir dari boldsky.com bahwa ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa daun mint dapat menjadi bahan alami untuk mengobati asma.

Untuk membuat ramuan ini membutuhkan 5-6 lembar daun mint serta minyak mustard.

Peneliti menjelaskan tenang cara membuat ramuan, panaskan minyak mustard kemudian campur dengan daun mint yang sudah dihancurkan. Lalu pijatkan di atas dada yang sesak. Lakukan setiap 10 menit sekali hingga ramuan tersebut habis.

Kombinasi dari daun mint dan minyak mustard akan memberikan efek dekongestan yang bermanfaat mengurangi akumulasi lendir di dada. Ketika lendir yang menumpuk berkurang, maka tenggorokan akan menjadi lebih lega, dan proses bernapas berjalan lancar."

Menurut situs boldsky.com, Asma dapat diobati dengan obat-obatan. Namun, obat-obatan tertentu yang diresepkan untuk asma dapat menjadi racun bagi tubuh. Sehingga alternatif cukup baik yaitu memilih cara alami untuk mengobati asma.

#10. Kopi
Walaupun kopi harus dibatasi konsumsinya dalam sehari-hari, tetapi kopi dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit asma.

Membuat “ramuan” kopi, caranya yaitu membuat kopi hitam pahit (tanpa gula), lalu diminum selagi hangat. Manfaatnya untuk menangkal serangan asma.


Kandungan kafein di dalam kopi bermanfaat untuk mencegah resiko masalah pada pernafasan, serta membantu untuk melegakan saluran pernafasan.

#11. Ramuan bawang bombay
Bawang bombay mengandung zat anti inflamasi, yang berfungsi untuk mengurangi peradangan pada saluran pernafasan.

Bawang bombay juga berkhasiat untuk mengatasi peradangan pada paru-paru. Anda bisa mengkonsumsi bawang bombay mentah untuk mengobati asma.

Pencegahan asma:

#12. Olahraga secara teratur dapat menurunkan resiko terkena asma, dan olahraga bermanfaat secara umum bagi kesehatan tubuh. Anda bisa melakukan lahraga seperti jongging, renang, senam, dll

#13. Jaga kondisi lingkungan. Apalagi jika alergi terhadap debu, maka pastikan lingkungan Anda berada bersih. Jika sedang di ruangan maka bersihkan kotoran dan sebu di dalam ruangan. Ketika keluar rumah, disarankan memakai masker.

#14. Gunakan pendingin udara (AC) apabia kondisi lingkungan terlalu lembab. Manfaat AC membuat lingkungan menjadi nyaman, serta Anda dapat lebih terhindar dari paparan debu, jamur dan banyak hal penyebab asma.

#15. Jangan memelihara hewan. Hewan seperti kucing dan lainnya bisa menjadi masalah bagi Anda yang memiliki alergi terhadap bulu binatang.

#16. Hindari kegemukan, Kondisi tubuh yang kelebihan berat badan, akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Termasuk memicu kambuhnya asma.

#17. Jangan merokok dan minum-minuman beralkohol, karena sangat dapat memicu penyakit asma. Karena zat kimia yang di dalam rokok dan alkohol berampak buruk pada organ pernafasan.

#18. Hindari penggunaan bantal dan kasur kapuk, atau semua bahan yang berakibat alergen (penyebab alergi). Disarankan memilih penggunaan kasur spons atau springbed dilengkapi dengan bantal berbahan dracon yang lebih baik bagi penderita asma.

#19. Disarankan untuk tidak memelihara hewan, terutama hewan berbulu seperti anjing atau kucing. Bulu hewan ini bisa menyebabkan alergi pada penderita asma. Atau jika memang ingin memeliharanya, maka pelihara di luar rumah.

#20. Bersihkan boneka dan karpet yang ada di kamar tidur anda, karena benda semacam ini bisa menjadi sumber debu. Bersihkan menggunakan vaccum cleaner, 1 kali dalam seminggu.

#21. Jangan merokok dan hindari orang yang merokok.

#22. Jangan menggunakan pembersih berbahan karbol. Karena karbol / kreolin memiliki aroma kuat yang memicu serangan asma.

#23. Lakukan olahraga ringan dengan durasi lebih panjang adalah pilihan yang lebih tepat bagi penderita asma. Contohnya, lebih baik penderita asma untuk melakukan olahraga jalan santai daripada lari sprint.

#24. Jika anda memiliki sensitivitas terhadap dingin, maka siapkan minuman penghangat tubuh seperti jahe. Minum-minuman seperti jahe di musim hujan sangat baik agar Anda tidak mudah terserang asma.

#25. Rutin mengkonsumsi minyak ikan dan brokoli membantu ketahanan tubuh terhadap serangan asma. Minyak ikan kaya asupan asam lemak omega 3 dan 6, adapun brokoli kaya akan vitamin c, kalsium, magnesium dan zinc.

Penelitian dari Harvard menemukan bahwa penderita asma umumnya kekurangan semua zat ini, diakibatkan proses penyembuhan selama terjadinya infalamasi.

Untuk itu, konsumsi makanan yang mengandung vitamin C, Kalsium, Vitamin D, dan Omega 3 dan 6.

#26. Tetap Tenang,  Jangan panik, jangan marah. Hal itu karena saat asma menyerang tidak jarang membuat penderitanya kurang sabaran. Padahal kondisi seseorang yang sedang emosi, mengakibatkan otot tubuh tegang (termasuk otot di leher dan tenggorokan/ bronchi)...

...kondisi tersebut akan semakin mempersulit pernafasan. Sehingga saat asma sedang kambuh tetap bersikap tenang, dan jangan berpikir yang macam-macam yang membuat jiwa tidak stabil.

Sumber lainnya:
Asthma Treatment — acaai.org



loading...

Tulisan Terkait:

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman