25 Cara [dan Ramuan] untuk Mencerahkan & Memutihkan Kulit Wajah


Tentunya orang-orang menginginkan punya kulit yang cerah dan bersih, sehingga lebih enak saat dipandang.

Kulit wajah yang cerah juga dapat meingkatkan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Kita dapat melakukan beberapa upaya untuk memiliki kulit wajah yang cerah dan putih, tetapi tetap harus secara aman bagi kesehatan.

Ilustrasi wajah putih dan cerah
Ilustrasi wajah putih dan cerah | Sumber gambar: Pixabay.com

Tips untuk Mencerahkan dan Memutihkan Kulit Wajah:

1. Jangan malas untuk sering-sering membersihkan wajah
Sebuah hal yang harus Anda rutinkan dalam kehidupan Anda jiks ingin memiliki kulit wajah yang cerah adalah pastikan kondisi wajah dalam keadaan yang bersih. Usahakan agar jangan sampai kotoran bekas debu atuapun polusi, lama menempel di wajah. Kotoran, debu, dan sel kulit mati yang ada di wajah, jika dibiarkan lama maka akan menumpuk, yang kemudian mengakibatkan kulit wajah terlihat kusam.

Anda perlu rutin dalam mencuci wajah, terutama saat dari luar, atau dari jalan yang banyak debu kotoran dan polusi, maka setelah sampai rumah, jangan lupa untuk mencuci wajah. Manfaat lainnya dari mencuci wajah adalah membuat tubuh secara keseluruhan menjadi segar, dan juga membantu menghilangkan rasa malas dan kantuk.

2. Hindari berada di bawah sinar matahari terlalu lama
Jika kulit terlalu sering atau terlalu lama terkena paparan sinar matahari maka bisa merusak kondisi kulit. Sinar ultraviolet yang berasal dari sinar matahari bisa mengakibatkan munculnya senyawa melanin yang membuat kulit cenderung gelap.

Paparan sinar matahari yang paling harus Anda hindari (agar tidak berdiri lama di bawahnya) adalah pada jam 11.00 hingga 14.00. Pada jam-jam tersebut apabila seseorang terkena paparan sinar matahari cukup lama mengakibatkan bahaya bagi kulit. Selain membuat kulit gelap, juga dapat memicu kanker kulit. Untuk mengatasi pada jam-jam ‘panas’ tersebut, Anda bisa memakai produk tabir surya sebagai pelindung kulit ketika Anda banyak beraktivitas di tempat yang terkena sinar matahari.


3. Diet Sehat
Penting untuk melakukan diet sehat, agar kulit bisa menjadi tampak indah. Diet disini maksudnya bukan makan dengan porsi sangat sedikit, bukan itu. Yang hanya perlu Anda lakukan adalah rajin makan buah dan sayuran. Jika ingin konsumsi daging, maka pilih daging tanpa lemak, serta minum susu yang bermanfaat bagi kesehatan dan membuat kulit sehat.

Anda sebisa mungkin haris menghindari jenis makanan olahan, makanan kaleng, makanan siap saji, junk food dan gorengan. Hal itu karena di dalam banyak terkandung natrium dan bahan-bahan lainnya yang bisa mengakibatkan kulit menjadi kering, berminyak, serta membuat kulit kurang gizi.

Contoh makanan agar Anda bisa punya kulit yang bersinar yaitu sayuran brokoli, yang juga dapat membantu mengatasi masalah jerawat di wajah. Selain itu, konsumsi ikan juga memiliki manfaat besar bagi kulit.

4. Cukupi kebutuhan cairan tubuh
Mungkin Anda belum mengetahui? Bahwa air putih memiliki peran paling besar dalam terjaganya kesehatan kulit. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh (terutama air putih) maka penampilan dan keindahan kulit juga terjaga. Sebuah keharusan bagi Anda minum air putih yang cukup dalam setiap harinya. Jangan sampai dalam waktu 2-3 jam, Anda tidak minum air putih sama sekali.

Manfaat air putih bukan hanya untuk kulit, tetap untuk kesehatan tubuh secara umum. Salah satu manfaat besarnya yaitu melancarkan proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Dengan terbuangnya racun dari dalam tubuh, juga akan membuat kulit menjadi lebih sehat, segar dan cerah.

5. Rutinlah dalam berolahraga, teruama saat pagi hari
Anda harus mulai membiasakan diri untuk rajin berolahraga, karena manfaatnya bagi kesehatan yang tidak diragukan. Salah satu manfaat olahraga adalah melancarkan proses pengiriman oksigen dan darah ke bagian-bagian tubuh, termasuk pada kulit. Hal ini penting agar kebutuhan kulit akan nutrisi menjadi terpenuhi.

Keringat yang keluar saat olahraga, juga memberikan manfaat positif bagi kulit, karena racun-racun di dalam tubuh keluar bersamaan dengan keringat. Anda bisa melakukan bentuk olahraga yang sedehana seperti jogging ataupun bersepeda. Lakukan jongging selama 20-30 setiap hari (usahakan pagi hari). Kalau tidak bisa, minimal olahraga sebanyak empat kali dalam seminggu.

6. Pertimbangkan untuk memakai pelembab
Jika memang diperlukan, sangat disarankan agar Anda memakai produk pelembab wajah. Dimana kondisi kulit yang lembab akan dapat lebih mudah untuk mencegah menumpuknya sel kulit mati pada wajah. Manfaat lainnya dari menggunakan produk pelembab ini adalah untuk menurunkan resiko masalah penuaan dini.

loading...

7. Hindari begadang
Anda benar-benar harus memenuhi kebutuhan tidur yang cukup, sebuah kesalahan fatal jika Anda ingin punya kulit yang indah dan cerah tetapi masih saja punya kebiasaan begadang. Aktivitas begadang dilakukan jika terpaksa atau darurat saja. Normalnya sebelum jam 10 malam seseorang sudah tidur, dan lebih baiik lagi jika tidur di bawah jam 9 malam, karena lebih seha untuk kulit dan tubuh secara umum.

Sering begadang mengakibatkan sistem dalam tubuh akan menjadi kacau, hal ini berimbas pada kesehatan dan keindahan kulit yang menurun

8. Jaga pikiran agar tidak stres
Stres ataupun punya pikiran berat ternyata bisa memicu kulit menjadi kusam. Sehingga, apabila Anda sudah merasa sangat penat, maka ambilah waktu untuk istirahat dan memulihkan fisik dan pikiran. Jangan sampai Anda memaksakan diri dalam bekerja terlalu lama dan berat. Beristirahat dari pekerjaan yang melelahkan, dengan istirahat maka peredaran darah akan berlajan lancar kembali.

Dengan menjaga kelancaran peredaran darah di dalam tubuh, berdampak posiif bagi kulit yang cerah.

9. Hati-hati pada terapi bleaching dari bahan kimia
Terapi bleaching yaitu pengelupasan kulit. Terapi ini mampu mencerahkan dan lebih memutihkan kulit wajah dalam waktu singkat. Namun, dibalik cepanya itu tersimpan bahaya yang serius. Zar amonia dan bahan kimia lainnya yang terkandung didalamnya, beresiko memberikan dampak kerusakan kulit, lebih buruk lagi bisa memicu resiko penyakit kanker.

Kesalahan dalam penggunaan alat bleaching ini, apalagi jika berlebihan dalam melakukannya dapat mengakibatkan kulit menjadi lebih gelap dibandingkan sebelum menggunakannya.

10. Hindari pola hidup tidak sehat
Seperti disebutkan sebelumnya, yaitu begadang, serta hal-hal buruk lainnya seperti malas mencuci wajah, malas olahraga, makan-makanan junk food, cepat saji, makanan instan, gorengan, dan sering berada di bawah sinar matahari sudah jelas akan membuat kulit susah untuk menjadi putih. Anda harus menyadari bahwa untuk bisa punya kulit yang putih harus membiasakan diri dalam menjalankan pola hidup yang baik.

11. Jangan Merokok
Merokok sudah umum diketahui tidak baik bagi kesehatan, terutama pada organ pernafasan. Beberapa bahaya serius yang diakibatkan dari merokok adlaah kanker, kemandulan dan serangan jantung. Disamping penyakit mengerikan itu, dampak merokok juga mengakibatkan penampilan kulit memburuk. Di dalam rokok terkandung zat nokotin dan tar yang merupakan racun yang berbahaya bagi tubuh.

Kedua zat tersebut memberikan efek negatif bagi kulit berupa kulit cepat kering dan kulit rentan mengalami kerutan.

12. Konsumsi makanan yang bergizi
Nutrisi yang terkandung di dalam makanan sehat dan bergizi, sangat diperlukan oleh sel kulit wajah dan secara umum sel kulit tubuh agar dapat me-regenerasi kulit dengan sempurna. Adapun regenerasi kulit ini bertujuan agar sel kulit menjadi terbaharui, serta menjaga keelastisitasan juga tetap terjaga.

Yang menjadi masalah adalah ketika tubuh tidak mendapatkan asupan yang mencukupi. Oleh karena itu, Anda harus mengoptimalkan proses regenerasi sel kulit yang akan memberikan manfaat besar bagi kulit, salah satu cara yang paling penting dilakukan adalah memenuhi asupan gizi tubuh sehari-hari, berupa kecukupan akan asupan vitamin C dan E. Dimana kandungan tersebut banyak terdapat di sayur-sayuran dan buah-buahan.

Di dalam sayuran memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin yang penting bagi pertumbuhan sel kulit. Anda disarankan untuk mengonsumsi jenis sayuran yang memiliki warna hijau tua, karena kandungannya penting sekali bagi tubuh, dan secara khusus kulit.

Rajin konsumsi sayuran juga membantu kulit agar lebih bewarna cerah dan juga sehat. Selain juga membantu Anda untuk memutihkan kulit.

13. Rajin membersihkan kulit wajah
Salah satu contoh Anda harus rajin membersihkan kulit, yaitu selalu membersihkan bekas makeup di malam hari sebelum tidur. Selain itu, Anda juga harus SELALU membersihkan wajah saat bangun tidur di pagi hari. Anda juga bisa membersihkan wajah menggunakan air hangat.

Anda juga bisa memakai produk pembersih wajah, yang digosok hingga berbusa pada wajah. Bilas Kulit wajah dengan memercikan air hangat pada baigan wajah dan leher. Setelah itu pakai handuk bersih untuk mengerigkan wajah, caranya dengan menepukan-nepukan dalam mengeringkan wajah.

14. Pilih produk make up yang tepat
Anda harus memilih produk makeup yang benar-benar tepat, agar bisa membuat kulit Anda bersinar dan cerah, dan juga untuk terhindar dari bahaya dari makeup yang tidak cocok pada kulit Anda sendiri. Kesalahan dalam memilih produk itu dapat menyebabkan banyak masalah kerusakan kulit. Sehingga Anda harus mengenali jenis kulit dan pilih produk yang sesuai dengan kulit Anda.


15. Exfoliate scrub
Exfoliate scrub merupakan terapi penglupasan kulit yang dapat secara efektif dan cepat membuat kulit lebih bersinar dan putih. Akan tetpai hindari memakai exfoliator yang butirannya kasar, Anda wajib memilih exfoliator yang butirannya lembut, serta memiliki tingkat keefektifan yang baik. Penggunaannya pada pagi hari, dengan cara memercikkan air hangat pada wajah.

Lalu aplikasikan produk exfoliator menggunakan jari-jari tangan dengan gerakan melingkar. Ingat! Hati-hati jangan sampai terkena mata. Selain itu. dalam penggunaan jangan menggosok terlalu keras.

Ramuan Alami untuk Memutihkan dan Mencerahkan Kulit Wajah

16. Ramuan scrub kulit pisang
Agar memiliki kulit yang cerah, Anda bisa menggunakan cara alami dan murah meriah. Salah satunya dengan memanfaatkan kulit pisang. Berikut di bawah ini cara membuat ramuannya:

Bahan yang disiapkan:
1 kulit pisang
2 sdm oatmeal
1 sdm gula

Cara mengaplikasikannya:
  1. Pertama-tama siapkan semua bahan yang sudah dibuatkan diatas.
  2. Lalu haluskan ketiga bahan tersebut, hingga akhirnya berbentuk pasta.
  3. Apabila Anda merasa pasta masih terasa kering dan kasar, Anda dapat menambahkan sedikit susu.
  4. Setelah itu aduk rata pasta.
  5. Lalu aplikasikan pada wajah. Oleskan masker ramuan ini secara merata.
  6. Gosok wajah dengan gerakan memutar selama 10 menit, lalu diamkan sebentar.
  7. Setelah itu, baru bilas menggunakan air hingga wajah bersih.

Dengan ramuan alami scrub ini, bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah, sehingga wajah akan menjadi lebih cerah dan bersinar. Kulit pisang memiliki vitamin B6 dan B12 yang berfungsi untuk mengaktifkan enzim dan protein di dalam tubuh. Sehingga membantu untuk meningkatkan tingkat kolagen dan elastisitas kulit.

Vitamin C pada kulit pisang bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan membersihkan kulit dari kotoran dan membuang lapisan kulit mati.

17. Masker Pepaya
Pepaya kaya akan kandungan enzim papain, bermanfaat untuk membantu proses regenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E  pada pepaya membantu untuk menutrisi dan melembabkan kulit. Kandungan di dalam pepaya juga bermanfaa sebagai tabir surya alami untuk mencegah terjadinya pigmentasi kulit akibat terkena sinar matahari.

Mengonsumsi pepaya bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk dijadikan masker. Berikut cara membuatnya:
  1. Bersihkan pepaya, lalu potong menjadi beberapa bagian.
  2. Lalu haluskan pepaya
  3. Setelah pepaya hancur dan halus, maka oleskan pada wajah sebagai masker.
  4. Setelah selesai mengoleskan, diamkan selama 15 menit
  5. Lalu bilas menggunakan air hangat

18. Ramuan madu
Madu memiliki zat antibiotik alami kulit, membantu untuk melembabkan kulit, mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan wajah. Untuk penggunannya:
  1. Pertama-tama ambil satu sendok makan madu
  2. Lalu oleskan pada wajah
  3. Diamkan selama 15 menit
  4. Lalu bilas menggunakan air hangat

19. Ramuan Yogurt
Yogurt mampu mencerahkan kulit wajah. Kandungan vitamin B5 di dalam yogurt berguna untuk menyamarkan bintik-bintik hitam akibat jerawat di wajah, disamping untuk mencerahkan kulit wajah. Cara penggunannya:
  1. Pertama-tama tuangkan satu sendok makan yogurt ke sebuah wadah.
  2. Lalu tambahkan sedikit madu dan susu.
  3. Aduk rata.
  4. Setelah itu oleskan ke seluruh wajah.
  5. Biarkan selama 20 menit.
  6. Setelah itu bilas menggunakan air hangat.

20. Masker Alpukat dan Madu
Alpukat kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari, melembabkan dan menghaluskan kulit. Masker alpukat dan madu menjadi kombinasi sangat baik untuk mendapatkan kulit cerah dan putih. Cara membuatnya:
  1. Ambil daging alpukat menggunakan sendok, kemudian taruh di wadah.
  2. Haluskan daging buah alpukat, lalu campur dengan satu sendok makan madu.
  3. Setelah masker berhasil ribuat, maka oleskan merata pada wajah.
  4. Diamkan selama 15 menit.
  5. Setelah itu, bersuhkan wajah menggunakan air hangat.

Beberapa bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mencerahkan wajah:

21. Tomat, mengandung lycopene yang merupakan senyawa antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, menutrisi dan membuatnya cerah kulit.

22. Lemon. Dengan aroma segarnya, serta mengandung  vitamin C dan asam alpha hidroksi bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan mecegah kulit kusam. Perhatian: Jangan mengoleskan lemon pada kulit yang teriritasi dan terluka.

23. Ketimun, mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi mencegah kekusaman kulit, dan menghambat pigmentasi kulit.

24. Cuka Apel, bermanfaat untuk mengurangi minyak berlebih, mengatasi peradangan pada kulit, dan mencerahkan kulit.

25. Kentang, memiliki kandungan antioksidan yang berperan penting untuk menghilangkan bintik hitam dan mengatasi kulit terlihat kusam. 



loading...

Tulisan Terkait:

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman