20 Cara Ampuh Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam (Hindari Penyebabnya)


Jika mendengar tentang wajah yang berminyak, maka yang terpikir di pikiran banyak orang adalah kondisi kulit wajah yang bermasalah.

Perlu diketahui, bahwa kulit melakukan produksi minyak secara alami bertujuan untuk melindungi kulit dari serangan luar, yang paling umum membuat masalah pada kulit wajah adalah debu dan polusi. Kotoran sangat beresiko untuk masuk ke pori-pori kulit.

Manfaat lainnya dari keberadaan minyak pada kulit wajah adalah untuk membantu proses peremajaan kulit, serta untuk mengatur kekenyalan kulit agar tetap bai kondisinya.

Itu adalah manfaat minyak pada wajah. Akan tetpai jika jumlah minyak pada kulit wajah terlalu banyak, justru mengakibatkan timbulnya dampak buruk bagi wajah.

Bahaya dari wajah yang berminyak (berlebihan) ini adalah beresiko tinggi mudahnya debu dan kotoran menempel pada wajah. Hal ini sangat buruk karena membuat pori wajah menjadi tertutup, kondisi inilah yang memicu terjadinya jerawat pada wajah.

Cara Ampuh Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam

Penyebab Wajah Berminyak:

Berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang mengandung lemak
Mengonsumsi asupan lemak yang terlalu banyak tidak baik bagi kesehatan tubuh secara umum. Adapun masalah khusus pada penampilan, tentunya akan menganggu penampilan karena tubuh yang cenderung gemuk serta memicu minyak berlebih di wajah.

Salah dalam memilih kosmetik
Anak-anak wanita 'baru gede' saat ini sudah sibuk untuk menggunakan peralatan kosmetik agar terlihat lebih menarik. Karena masih muda (bisa dikatakan masih anak-anak) dan pengetahuan tentang penggunaan komestik masih minim, maka banyak menimbulkan masalah berupa kesalahan dalam memilih alat-alat kosmetik, karena alat-alat komestik umumnya mengandung  bahan-bahan kimia.

Sehingga memilih alat komesik harus hati-hati dan tepat, jika tidak maka akan mengakibatkan dampak buruk berupa iritasi pada wajah, minyak berlebih, dan menimbulkan alergi pada wajah.

Faktor Keturunan
Sudah umum diketahui orang tua akan menurunkan sifat genetiknya kepada anaknya. Sehingga, bisa saja terjadi apabila orang tua memiliki produksi minyak berlebih di wajah, maka bisa turun ke sang anak. Kondisi ini memang sudah suratan takdir, sehingga yang masih bisa dilakukan adalah meminimalisirnya.

Cara Menghilangkan Wajah Berminyak:

1. Jadilah seorang yang rain mencuci muka
Sudah barang tentu bahwa rajin mencuci muka menjadi ‘syarat’ utama agar wajah bisa bersih. Dan salah satu manfaat besarnya adalah mengatasi minyak berlebih di wajah. Anda juga bisa mencuci muka menggunakan sabun khusus muka, tetapi jangan berlebihan melakukannya karena malah berdampak buruk berupa zat sabun beresiko mengikis lapisan kulit wajah.

Bahaya berlebihan dalam menggunakan sabun muka  adalah wajah tidak memiliki perlindungan yang baik saat terkena sinar matahari. Mencuci muka menggunakan sabun khusus muka maksimal 2 kali dalam sehari. Adapun jika mencuci muka menggunakan air saja, boleh sering-sering dilakukan. Mencuci muka akan membersihkan wajah dari minyak berlebih dan kotoran, debu, bakteri, dll yang menempel di wajah.

2. Cukupi kebutuhan cairan, terutama air putih
Air putih sudah umum diketahui merupakan ‘nyawa’ bagi tubuh, tanpa air putih manusia, hewan dan tumbuhan tidak akan bisa hidup. Manfaat air putih tidak dapat dihitung lagi banyaknya. Salah satu manfaat dari mencukupi kebutuhan tubuh akan air putih, yaitu melancarkan proses metabolisme tubuh. pada tubuh.

Ketika Anda melakukan kegiatan yang banyak bergerak dan melelahkan, maka penting agar kondisi tubuh sudah memiliki cairan yang cukup, yang nantinya akan mengeluarkan keringat sembari membantu wajah untuk menghilangkan minyak berlebih.

Saaa tubuh dehidrasi (kekurangan cairan) mengakibatkan kulit menjadi kering, kondisi ini juga membahayakan kulit wajah. Kurang minum air putih juga mengakibatkan elastisitas kulit menurun, yang menyebabkan kulit wajah rentan mengalami penuaan dini dan keriput.

Masalah lainnya yang ditimbulkan dari kurang minum air putih yaitu timbulnya jerawat. Apabila Anda sudah terkena jerawat, maka disarankan Anda melakukan terapi air putih, melakukannya cukup di rumah saja.

Caranya dengan mengompres wajah memakai air hangat dan air dingin secara bergantian. Dengan melakukan terapi ini, cukup efektif untuk membersihkan kotoran yang menjasi sumbatan pada pori-pori, yang juga berguna untuk membatu proses detoksifikasi tubuh. Tentunya, disamping juga Anda harus memenuhi kebutuhan minum air putih yang cukup.


3. Gunakan kosmetik yang bebas minyak
Hal ini banyak diketahui orang-orang, akan tetapi tetap saja ada sebagian orang yang memiliki wajah berminyak memilih produk komestik yang mangandung bahan minyak. Anda perlu untuk berhati-hati dalam memilih produk komestik, pilih bentuk perawatan kulit yang berbasis air, serta pilih jenis produk kosmetik yang bebas minyak.

Anda harus hati-hati dalam membeli produk kosmetik, karena salah dalam memilih produk komestik bisa berakibat fatal pada kerusakan kulit. Terlebih saat ini sudah semakin menjamur kosmetik ‘abal-abal’ yang beredar di pasaran, karena di dalamnya terkandung zat kimia berbahaya.

4. Selum tidur, hapus penggunaan kosmetik yang masih ada di wajah
Saat akan tidur, Anda jangan sampai malas untuk menghapus semua kosmetik. Hal itu disebabkan bahwa saat tidur jika wajah masih terdapat sisa bekas penggunaan bahan komestik, dapat menjadi sarang bakteri untuk berkembang biak, yang kondisi ini mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit, serta kotoran akan rentan banyak menempel di wajah.

5. Terapkan pola hidup sehat
Beberapa hal yang mencangkup tentang pola hidup sehat yaitu pola tidur, pola makan, kegiatan sehari-hari hingga kebiasaan aktivitas olahraga. Terapkan dengan baik dan sehat pada hal-hal yang disebutkan tersebut, yang bermanfaat besar untuk tubuh yang selalu bugar dan sehat. Selain itu akan memiliki pengaruh penampilan Anda, termasuk kulit wajah.

Anda harus menbatasi asupan dari makanan yang berlemak, utamakan mengonsumsi makanan yang lebih sehat dan bergizi, walaupun dari segi rasa tidak istimewa bagi Anda. Anda juga harus menjaga pola tidur dan istirahat dalam setiap harinya. Kurang tidur mengakibatkan kulit wajah menjadi kusam dan rentan berminyak, sehingga akhinya bisa muncul jerawat.

Anda harus rutin dalam melakukan olahraga, manfaatnya juga temasuk ga timbunan lemak pada wajah berkurang. Olahraga juga membuat jiwa menjadi rileks, tenang dan jauh dari stres. Kondisi stress sangat beresiko membuat timbulnya masalah pada kulit wajah.

Selain itu, tidur yang tidak teratur merupakan pola hidup yang buruk, yang bisa mengakibatkan terjadinya penimbunan minyak pada wajah.

6. Hindari menyentuh wajah
Jangan sampai Anda terlalu sering menyentuh wajah Anda. Dikhawatirkan kondisi tangan yang kotor dapat mengakibatkan masuknya bakteri ke kulit wajah, sehingga menimbulkan masalah wajah berminyak.

7. Hati-hati pada comedogenic product
Anda kalau bisa menghindari jenis komestik atau produk kecantikan yang berlabel comedogenic. Perhatikan dengan teliti saat ingin membali produk kecantikan, karena Anda akan sering menggunaknnya dalam sehari-hari. Comedogenic yaitu sebuah jenis produk yang dapar mengakibatkan tertutupnya atau tersumbatnya pori-pori wajah. Sehingga bisa membuat wajah menjadi ‘tempat tinggal’ bagi kotoran dan debu.

Kondisi buruk tersebut menyebabkan wajah akan terkena resiko tinggi mengalami wajah berminyak, komedo dan jerawat. Anda harus meneliti dengan cermat pada label produk kosmetik, pastikan Anda membeli produk yang berjenis non-comedogenic.

loading...

8. Pilih produk pelembab yang cocok untuk kulit wajah Anda
Pelembab banyak digunakan orang-orang pada setiap harinya sebagai alat kecantikan kulit. Anda bear-benar perlu memilih produk pelembab yang cocok jenis kulit berminyak Anda. Adna harus memilih yang bebas bahan minyak. Anda disarankan memilih produk yang meggunakan bahan jeruk nipis, lemon atau mentimun.

Dengan memilihnya, akan memberikan manfaat maksimal untuk membuat wajah menjadi segar, serta dapat mengontrol produksi sebum. Pelembab ini sanagt diperlukan sebagai pelindung kulit wajah, terutama saat kulit terkena sinar matahari. Sehingga, sebuah kesalahan jika Anda menghindari pelembab karena menganggap menimbulkan minyak berlebih.

9. Kenali jenis kulit anda
Coba perhatikan pada siang hari, perhatikan kondisi wajah yang mungkin terasa lengket, berminyak dan terlihat mengkilap. Jika Anda mengalaminya pada siang hari, maka hampir dipastikan Anda memiliki jenis kulit yang berminyak. Sehingga Anda harus hati-hati karena kulit berminyak rentan terkena kotoran. Mengenali jenis kulit penting untuk menentukan produk-produk komestik yang cocok. Serta membantu Anda dalam perawatan wajah yang tepat.

10. Basuh wajah dengan air hangat
Cara mudah melakukannya, ambil sebuah handuk kecil, lalu celupkan ke air hangat, setlah itu Anda tinggal kompres (lap) ke bagian wajah dalam waktu 5-10 menit. Anda bisa melakukan ini pada malam hari, usahakan rutin setap hari.

11. Hindari sembarangan dalam mengonsumsi makanan
Anda benar-benar harus membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak dan kolestrol tinggi. Jangan sampai Anda terlalu banyak memakannya. Karena dikhawatirkan kandungan di dalam makanan seperti itu mengakibatkan kadar minyak di dalam tubuh semakin banyak. Kondisi bisa semakin buruk jika Anda kurang dalam memenuhi asupan vitamin dan serat yang bermanfaat besar bagi kulit wajah.

12. Hindari sering Stress
Saat seseorang mengalami stress, mengakibatkan produksi hormon kortisol meningkat. Kondisi kadar hormon kortisol yang tinggi bisa memicu tingginya produksi minyak dari kelenjar minyak. Kondisi seperti ini, dimana terjadinya produksi minyak berlebih mengakibatkan wajah berminyak.

13. Terapkan prilaku dan gaya hidup yang baik
Hendaknya setelah Anda selesai olahraga, jangan lupa untuk membersihkan sisa keringat dan minyak. Jangan membersihkan muka memakai tisu yang bekas digunakan, tangan, ataupun sabun muka yang tidak cocok pada kulit. Anda juga tidak boleh serin-sering konsumsi makanan gorengan dan mie instan. Hendaknya yang dilakukukan adalah memperbanyak asupan buah dan sayur yang kaya akan serat.


14. Masker daun Seledri
Untuk membuat maskernya, pertama-tama potong daun seledri dalam bentuk kecil, sebelumnya siapkan dahulu air dalam panci. Lalu masukkan dua gelas air dan hidupkan kompor. Tunggu hingga mendidih.

Dalam kondisi air mendidih maka masukkan daun seledri yang telah dipotong kecil. Rebus selama 15 menit. Lalu angkat dan biarkan hingga mendingin.

Setelah tidak panas, maka oleskan pada wajah secara merata. Lalu biarkan hingga meresap sepenuhnya. Setelah itu, baru bilas wajah hingga bersih, disarankan menggunakan pembersih muka.

15. Masker jeruk nipis
Rasa masam pada jeruk nipis mampu mengurangi minyak di wajah. Selain itu, kandungan vitamin C-nya bermanfaat agar kulit menjadi lebih cerah. Akan tetapi, penggunaan masker jeruk nipis bisa menyebabkan rasa gatal, atau bahkan perih. Terutama jika kondisi wajah yang mengalami jerawat. Tetapi lama-kelamaan tasa gatal menghilang jika sudah terbiasa.

Cara membuatnya:
  1. Siapkan satu buah jeruk nipis
  2. Belah jeruk nipis menjadi 2 bagian
  3. Peras di dalam wadah
  4. Gunakan bantuan kapas untuk mengoleskan masker jeruk nipis ke kulit wajah
  5. Lalu diamkan selama 30 menit.
  6. Setelah itu baru bilas menggunakan air hangat.

Catatan: jika tidak ada jeruk nipis, maka bisa diganti dengan menggunakan lemon.

16. Masker buah apel dan madu
Apel mengandung senyawa anti-lemak, yang bermanfaat untuk membantu menghilangkan wajah berminyak. Penggunaan apel tidak menyebabkan rasa perih ataupun gatal pada wajah. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Sediakan 1 buah apel segar dan 3 sendok makan madu
  2. Lalu haluskan apel menggunakan blender (tanpa dikupas).
  3. Lalu campur madu, aduk hingga merata
  4. Setelah itu masukan ramuan masker ke dalam kulkas
  5. Setelah dingin, lalu oleskan masker tersebut pada wajah
  6. Berikan pijatan lembut selama 5 menit.
  7. Lalu diamkan ramuan masker tersebut di wajah selama 25 menit.
  8. Setelah itu, baru bilas menggunakan air.

17. Masker tomat
Cara membuat maskernya:
  1. Haluskan tomat yang masih dalam kondisi segar.
  2. Setelah itu, campur dengan madu
  3. Setelah itu, gunakan masker tersebut secara merata ke wajah
  4. Diamkan selama 15 menit.
  5. Lalu, bersihkan wajah menggunakan air hangat.

18. Masker mentimun
Mentimun banyak kandungan air di dalamnya, yang memiliki sifat antibakterial, anti-inflamasi, dan tinggi mineral alami, yang baik bagi kesehatan kulit. Cara membuat masker mentimun:
  1. Sediakan timun segar
  2. Haluskan timun menggunakan blender (tanpa dikupas)
  3. Setelah halus, masukan dalam kulkas selama 1 jam hingga dingin.
  4. Setelah itu, oleskan masker tersebut secara merata di wajah
  5. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

19. Pikirkan untuk memustuskan menggunakan bedak obat
Bedak obat memiliki kandungan asam glikoat, asam salisilat dan bahan penyerap minyak lainnya. Sehingga penggunannya sangat membantu untuk merawat dan mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah.

20. Gunakan pembersih wajah
Cara paling ampuh menghilangkan kulit berminyak yaitu dengan membersihkan wajah, dengan memilih produk pembersih muka yang lembut bagi wajah. Selain itu, penting menggunakan handuk yang lembut yang digunakan untuk mengusap wajah. Manfaat dari penggunaan produk pembersih wajah adalah untuk menyingkirkan minyak berlebih di wajah.

Anda bisa mencoba produk yang mengandung asam seperti: asam salisilat, benzoil peroksida, asam glikolat, atau asam beta-hidroksi. April Armstrong, MD menjelaskan bahwa seringkali produk yang mengandung asam terkandung pada produk untuk mengatasi jerawat.

Sehingga, produk-produk ini bukan hanya berfungsi untuk menghilangkan jerawat, tetapi juga untuk mengatasi permasalahan kulit berminyak yang sering muncul.

Tetapi, April Armstrong, MD menjelaskan bahwa Anda harus memilih produk dengan tingkat konsentrasi asam yang sesuai dengan kekuatan kulit Anda, karena dikhawatirkan bahan-bahan yang terkandung bisa mengakibatkan terjadinya iritasi.



Loading...

Tulisan Terkait:
loading...

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman