21 Khasiat Buah Tin: Untuk Jantung, Diabetes, Kolesterol, Kesuburan, Ibu Hamil dll


Buah tin sudah cukup dikenal oleh orang-orang. Bahkan nama buah ini disebut di dalam Al-Quran di dalam surat At-Tiin, ayat 1 .

وَالتِّينِ وَالزَّيْتُونِ

Artinya: Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun.

Keyakinan seorang muslim, tidaklah ada nama buah atau lainnya melainkan ada keistimewaan dibaliknya.

Buah tin memiliki khasiat yang besar, dari berbagai penelitian yang dilakukan para ilmwuan di studi-studi mereka.

Khasiat Buah Tin
Buah Tin (Ara) | Sumber gambar: Pixabay.com

Kandungan di dalam buah tin
Berikut kandungan nutrisi buah tin yang dikutip dari laman Draxe.com.

Kandungan gizi 100 gram buah tin mentah:
  • 74 kalori
  • 19 gram karbohidrat
  • 0,7 gram protein
  • 0,3 gram lemak
  • Fiber 3 gram
  • 232 miligram potassium (7% kebutuhan harian)
  • o.1 miligram mangan (6% kebutuhan harian)
  • 4,7 mikrogram vitamin K (6% kebutuhan harian)
  • 0,1 miligram vitamin B6 (6% kebutuhan harian)
  • 17 miligram magnesium (4% kebutuhan harian)
  • 35 miligram kalsium (4% kebutuhan harian)
  • 0,1 miligram tiamin (4% kebutuhan harian)
  • 142 IU vitamin A (3% kebutuhan harian)
  • 2 miligram vitamin C (3% kebutuhan harian)

Ketika kering, manfaat kandungan nutrisi buah tin meningkat, sehingga 100 gramnya mengandung:
  • 249 kalori
  • 63,9 gram karbohidrat
  • 3.3 gram protein
  • Lemak 0,9 gram
  • Serat 9,8 gram
  • 0,5 miligram mangan (26% kebutuhan harian)
  • 15,6 mikrogram vitamin K (19% kebutuhan harian)
  • 680 miligram potassium (19% kebutuhan harian)
  • 68 miligram magnesium (17% kebutuhan harian)
  • 162 miligram kalsium (16% kebutuhan harian)
  • 0,3 miligram tembaga (14% kebutuhan harian)
  • 2 miligram zat besi (11% kebutuhan harian)
  • 67 miligram fosfor (7% kebutuhan harian)
  • 0,1 miligram vitamin B6 (6% kebutuhan harian)
  • 0,1 miligram tiamin (6% kebutuhan harian)
  • 0,1 mg riboflavin (5% kebutuhan harian)
  • 0,5 miligram seng (4% kebutuhan harian)

Manfaat buah tin untuk kesehatan:

1. Mencegah serangan jantung
Serangan jantung sudah diketahui banyak orang merupakan penyakit yang sangat mematikan, bahkan penyakit mematikan  nomor satu di dunia. Sebuah hal yang sangat penting meminimalisir resiko penyakit jantung. Organ jantung juga menjadi organ yang paling vital di dalam tubuh.

Adapun penyebab seseorang terkena serangan jantung, akibat tingginya asupan natrium yang dikonsumsi. Konsumsi zat natrium secara berlebihan memberikan bahaya serius, yang mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh di dalam tubuh. Serta resiko terbentuknya plak yang membahayakan organ jantung, serta membuat kerja jantung menjadi terlalu berat untuk memasok darah ke seluruh bagian tubuh.

Pada sebuah studi yang dilakukan di Arab Saudi, menemukan bahwa buah tin memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kandungan kalium yang tinggi sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar natrium yang berlebihan.

Oleh karena itu, banyak para ahli kesehatan mengajurkan untuk mengonsumsi buah tin setidaknya 1 buah dalam sehari. Dimana itu sudah mampu menurunkan resiko serangan jantung yang mematikan.


2. Menurunkan kadar kolesterol
Cukup umum diketahui orang-orang, buah tin memiliki kandungan serat larut yang lumayan banyak. Asupan di dalamnya berupa serat larut berupa pektin, memiliki manfaat besar dalam mengatasi masalah tingginya kadar kolesterol. Nantinya kandungan tersebut akan menghilangkan atau membuang kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh dengan cara proses ekskresi (dalam bentuk air kemih, proses BAB dan keringat).

3. Baik dikonsumsi oleh penderita diabetes
Sudah banyak diketahui orang-orang bahwa penderita diabetes sangat ditekankan untuk benar-benar membatasi konsumsi asupan gula, dan secara umum makanan / minuman yang manis. Walaupun buah ara (tin) itu manis, tetapi kandungan glukosa dan fruktosa di dalam buah tin tidak mengakibatkan lonjakan gula dalam darah.

Justru kandungan sehat seperti serat larut dan lainnya di dalam buah tin memiliki andil untuk mencegah terjadinya penyerapan gula secara berlebih di pencernaan tubuh.

Menurut laman Draxe.com, para ahli telah melakukan penelitian, dan telah menemukan kesimpulan bahwa buah tin menjadi sumber yang baik untuk melakukan pengobatan untuk diabetes.

Dari laman Healthline.com. Beberapa penelitian para ahli membuktikan bahwa daun buah tin membantu mengatur gejala diabetes. Sebuah penelitian para ahli tahun 2016, penelitian dengan menggunakan obyek tikus. Hasilnya menunjukkan bahwa ficusin, ekstrak dari daun buah tin mampu meningkatkan sensitivitas insulin, serta punya sifat antidiabetes lainnya.

Pada sebuah studi di tahun 2003, yang penelitian juga menggunakan obyek hewan. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak tin memiliki pengaruh dalam mengatasi diabetes, yaitu mampu menormalkan kadar asam lemak darah dan vitamin E.

Anda bisa berkonsultasi ke dokter atau tenaga kesehatan bahwa buah tin mungkin bisa menjadi tambahan dalam upaya mengatasi diabetes. Akan tetapi harus diingat, bahwa konsumsi buah tin saja tidak cukup dalam penanggulangan diabetes. Anda tetap harus mengatur pola makan yang sehat, melakukan tes darah dan mengonsumsi obat yang menjadi anjuran dokter untuk mengobati dibeses.

4. Mencegah penyakit kanker
Penyakit kanker masuk peringkat dua sebagai penyakit paling mematikan di dunia. Terdapat beberapa penyebab seseorang sampai terkena kenker, salah satunya yang umum diketahui yaitu serangan radikal bebas ke dalam tubuh, yang dapat membahayakan sel kulit serta sangat dihawatirkan memicu pertumbuhan sel secara yang tidak terkendali (tidak normal), sehingga terjadilah pertumbuhan sel kanker.

Di dalam buah tin memiliki zat polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan tubuh untuk mencegah serangan radikal bebas ke dalam tubuh. Konsumsi buah tin mampu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker otak, dan lainnya.

Di dalam buah tin juga mengadung serat larut, yang bermanfaat untuk menurunkan resiko seseorang terkena kanker kolon (usus besar).

loading...

5. Mengatasi tekanan darah tinggi
Resiko hipertensi (tekanan darah tinggi) dapat rentan mengenai orang yang mengalami gangguan penyempitan pembuluh darah. Dimana penyempiitan pembuluh darah adalah masalah serius, jika tidak segera mendapatkan penanganan tenaga medis maka resiko terserang penyakit jantung koroner menjadi tinggi.

Kandungan di dalam buah tin terdapat asupan mineral yaitu fosfor, magnesium, omega 3, omega 6, dan fenol. Asupan penting tersebut memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit hipertensi. Jika penyakit hipertensi berhasil teratasi, maka secara otomatis juga menurunkan resiko jantung koroner.

6. Membantu meninggikan badan
Di dalam buah tin terdapat bermacam-macam asupan mineral penting yaitu magnesium, kalsium, fosfor, mangan, dan lainnya. Dengan kandungan mineral penting tersebut, bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tubuh dan tulang, agar tubuh bisa lebih tinggi secara optimal.

Asupan yang terkandung di dalam buah tin dapat diandalkan, bagi anda yang tidak suka atau alergi susu, maka buah tih bisa menjadi alternatif konsumsi susu. Jika Anda sudah lama tidak mengonsumsi susu, maka setidaknya konsumsi buah tin yang membantu pertumbuhan tubuh dan tulang.

7. Untuk kesuburan
Buah tin mengandung kaya serat yang bermanfaat meningkatkan kualitas sperma bagi kaum pria, dengan menjaga kadar asam lemak sperma. Oleh karena itu, disarankan bagi pasangan muda yang baru menikah, yang tentunya ingin segera punya bayi. Maka konsumsinya buah tin ini untuk membantu meuwujudkan keinginan tersebut. Selain itu, jaga pola makan yang baik, sehat dan teratur.

8. Mencegah tulang keropos
Osteoporosis sudah sering menyerang orang yang berumur 50 tahun keatas. Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang membuat penderitanya kesulitan untuk rajin bergerak secara aktif. Ternyata konsumsi buah tin mampu untuk menurunkan resiko osteoporosis yang banyak mendera kaum manula ini.

Buah tin memiliki asupan kalsium yang lumayan tinggi. Banyak ahli kesehatan yang menjelaskan bahwa zat kalsium dan fosfor yang terkandung pada buah tin, memiliki manfaat yang lebih baik dibandingkan susu.

Orang yang berumur 30 keatas sangat ditekankan agar mulai memperhatikan asupan kalsium untuk tubuhnya dengan sebaik-baiknya, karena hal itu sangat penting, untuk mencegah terkena osteoporosis. Demikian juga anak-anak, perlu agar orang tua memperhatikan asupan kalsium unutk anak-anak karena mereka sedang dalam masa pertumbuhan tulang dan gigi. Baiknya pertumbuhan tulang dan gigi sangat tergantung dari baiknya asupan kalsium.

9. Menurunkan berat badan
Menurut para pakar kesehatan, atau juga para ahli diet sehat seperti Dr OZ, bahwa kandungan serat terlarut yang terdapat di buah tin memiliki fungsi yang cukup penting, yaitu untuk mengikat lemak yang berlebih di dalam tubuh, untuk kemudian dibuang melalui sistem pencernaan dan keringat.

Penting untuk selalu diingat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, kunci utama dari menurunkan berat badan adalah rutin berolahraga. Anda tidak harus melakukan olahraga yang berat-berat, lakukan olahraga sederhana seperti jongging, bersepeda dll, tapi harus rajin dan rutin. Dalam sehari setidaknya olahraga 15 menit (disarankan 25-30 menit).

10. Mengatasi susah BAB
Banyak orang dulu yang menggunkan buah tin sebagai obat pencahar alami. Dimana di dalam buah tin memiliki serat bersifat laktasif, yang bermanfaat untuk mengatasi masalah sembelit. Mengonsumsi buah tin juga sangat penting untuk menjaga kesehatan organ pencernaan tubuh.

11. Mengatasi susah tidur
Penyebab susah tidur umumnya karena ada banyak pikiran, stres dan depresi. Sehingga, penting untuk memanajemen pikiran yang positif agar Anda bisa tehindari dari masalah stres,yang dampaknya berbahaya, salah satunya gangguan tidur yang dapat mengganggu kesuksesan hidup Anda.

Untuk membantu mengatasi masalah susah tidur, disarankan mengonsumsi buah tin. Pada sebuah studi di Universitas Yale, menemukan bahwa buah tin memiliki kandungan tryptophan yang memiliki efek untuk menumbulkan rasa nyaman, rileks, pikiran lebih tenang secara alami. Maka, konsumsi buah tin ini sedikit banyak akan berpengaruh pada kenyamanan tidur Anda.


12. Membantu  mengatasi anemia
Penderita anemia akan merasakan tubuh yang lemas, lesu dan mudah lelah. Buah tin memiliki asupan zat besi cukup tinggi yang bermanfaat sebagai penambah darah. Kandungan mineral zat besi menjadi ‘bahan baku’ untuk pembentukan hemoglobin darah.

13. Mengatasi masalah wasir dan ambeien
Pada penelitian yang dilakukan para ilmuwan, menemukan bahwa di dalam buah tin ini memiliki asupan zat flavonoid yang lumayan tinggi, yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas, sehingga memiliki manfaat untuk pencegahan radang pada wasir semakin parah. Para ahli mengatakan bahwa mengoonsumsi buah tin mampu membantu untuk menyembuhkan wasir.

14. Mempercepat penyembuhan luka
Buah tin memiliki sifat antiseptik yang membantu untuk proes penyembuhan luka menjadi lebih baik, termasuk juga luka bakar bisa dimanfaatkan buah tin untuk mengatasinya hingga sembuh. Khasiat bisa semakin maksimal, dengan mengoleskan buah tin secara langsung pada tubuh yang mengalami luka. Namun, awal-awalnya lumayan perih.

15. Mencegah perkembangan tumor
Kandungan di dalam buah tin terdapat benzaldehide dan phenol, yang memiliki manfaat untuk mencegah pertumbuhan parasit, jamur, dan virus yang memicu tumor. Kandungan antioksidan di dalam buah tin juga berperan untuk mencegah perkembangan tumor di dalam tubuh, bahkan mampu berperan dalam mencegah berkembangnya penyakit tumor ganas yang sangat mengerikan.

16. Meningkatkan kekebalan tubuh
Teh daun ara memiliki zat flavonoid, polifenol, dan antioksidan di dalamnya. Zat-zat ini sangat diperlukan tubuh unutk menguatkan imun (kekebalan) tubuh. Manfaat tubuh menjadi tidak mudah terjatuh sakit. Karena tubuh lebih mmapu dalam menangkal berbagai serangan penyakit. Terutama yang akan sangat terasa, Anda tidak akan mudah terkena flu.

17. Mengobati sakit tenggorokan
Penyakit tenggorokan akibat kurang lembabnya di dalam organ tenggorokan sehingga menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Buah tin memiliki senyawa lendir yang mampu meminimalisir rasa sakit pada tenggorokan, lendir tersebut bekerja untuk melembabkan tenggorokan secara alami. Disarankan mengonsumsi jus buah tin tanpa gula dan tanpa tambahan zat kimia lainnya.

18. Mencegah kanker prostat
Di dalam buah tin terdapat senyawa coumarins yang bermanfaat untuk mencegah kanker prostat, terutama pada orang yang berumur diatas 30 tahun.

19. Kesehatan dan kecantikan kulit
Senyawa coumarins memiliki sifat antioksidan yang bekerja untuk mencegah serangan radikal bebas. Umumnyu kulit seseorang mengalami kerusakan akibat serangan radikal bebas. Buah tin juga punya nutrisi vitamin C yang cukup tinggi bermanfaat untuk membantu proses regenerasi sel kulit baru, dan mencerahkan kulit.

Dari laman Healthline.com. Pada pengobatan tradisional, buah tin sering dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kulit, contihnya eksim, vitiligo, dan psoriasis.

Jika Anda ingin membuat masker dari buah tin ini untuk wajah. Perlu diketahui, jangan menggunakan buah tin pada kulit Anda yang alergi terhadap lateks.

Buah ara kaya akan vitamin, antioksidan, dan mineral. Yang manfaatnya untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, serta secara khusus menjaga keseimbangan kulit dan sirkulasi di dalamnya yang lancar.

20. Membersihkan pori-pori kulit
Kulit wajah yang tersumbat di pori-pori oleh minyak dan kotoran yang menempel pada wajah, mengakibatkan timbulnya jerawat pada wajah. Buah tin mengandung mineral alkali yang mampu menjaga keseimbangan pH kulit. Selain itu juga berfungsi untuk membersihkan secara alami berbagai penyumbatan kotoran pada pori-pori kulit.

Konsumsi buah tin secara rutin untuk mendapatkan manfaat nyata membuat wajah bersih dari jerawat. Anda juga bisa mengoleskan buah tin yang sudah dihaluskan ke bagian wajah secara merata.

21. Baik untuk ibu hamil
Khasiat buah tin bagi ibu hamil menjadi besar karena pada buah tin memiliki asupan asam folat, serat, protein, kalsium, dan asupan nutrisi penting lainnya. Dimana konsumsi buah tin memiliki manfaat penting untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan sang Ibu.

Kandungan zat besi di dalam buah tin juga penting saat sang Ibu baru saja melahirkan. Hal itu karena berdasarkan penjelasan ahli kesehatan, seorang ibu akan mengalami kekurangan zat besi dalam jumlah timggi saat besi saat melahirkan

Kandungan kaya kalium di dalam buah tin bermanfaat untum menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Kondisi hipertensi bisa membahayakan kehamilan.

Read more at Manfaat Kesehatan: Manfaat Buah Tin untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

Adakah efek samping dari buah tin?
Dikutip dari laman Draxe.com, bahwa “Penelitian telah menunjukkan buah tin bisa menjadi ‘pengobatan alami’ untuk kanker, anemia, diabetes, penyakit kusta, penyakit organ hati, kelumpuhan, penyakit kulit, bisul, saluran pencernaan dan infeksi saluran kemih.”

Dari laman Healthline.com. Buah tin bisa menjadi obat pencahar alami, yang mampu membantu mengobati sembelit, akan tetapi konsumsi buah tin secara berlebihan jusru dapat menyebabkan mencret atau diare. Kurangi konsumsi buah tin jika Anda mengalami sering ke kamar mandi karenanya.



Loading...

Tulisan Terkait:
loading...

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Makanan dan Minuman