21 Manfaat Madu Pahit: Untuk Diet, Kecantikan, Kesuburan, Jerawat, Asam Urat, dll


Madu sudah umum dan populer diketahui masyarakat, banyak orang yang menyadari bahwa madu bermanfaat, akan tetapi hanya sedikit orang saja yang baru mengetahui semua khasiat madu yang segudang banyaknya.

Minuman ini berasal dari bahan alami yaitu nektar bunga yang dihisap oleh serangga lebah. Khusus kali ini akan dibahas mengenai madu pahit. Madu pahit dihasilkan dari lebah yang mengambil bahan madu dari tanaman yang pahit, diantaranya mahoni, bunga singkong karet, kaliandra, pelawan dan paitan.

Mengenai khasiat madu pahit ini sudah dilakukan penelitian oleh para ilmuwan. Dan ditemukan bahwa madu memiliki zat-zat sangat penting bagi tubuh. Madu pahit umumnya banyak terdapat di wilayah Kalimantan, karena di kalimantan banyak terdapat pohon mahoni sebagai penghasil madu pahit.

Manfaat Madu Pahit
Sumber gambar: Iran-banner.com

Khasiat Madu Pahit Asli

1. Meredakan gejala asam urat
Asam urat terjadi karena adanya kondisi pengkristalan dari lemak di bagian persendian tubuh. Sehingga dalam satu waktu asam urat bisa saja kambuh, yang mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa perih dan sangat membuat tidak nyaman. Sehingga penderitanya menjadi kesusahan untuk bergerak, yang membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.

Kandungan yang ada di dalam madu hitam pahit mampu membantu mengatasi asam urat yang dirasakan. Di dalam madu pahit terdapat zat yang berfungsi mengontrol zat purin agar tidak terlalu banyak. Dimana tingginya kadar zat purin menjadi pemicu muncilnya masalah asam urat.

2. Mengatasi kolesterol tinggi
Madu Pahit memiliki kandungan berupa gula, karbohidrat dan protein. Serta kaya akan vitamin berupa vitamin B2, B3, B5, B6, B9 dan Vitamin C. Madu pahit juga kaya akan kandungan mineral yaitu zat besi, seng, kalium, fosfor dan sodium.

Dengan kaya akan nutrisi seperti itu, madu pahit dapat diandalkan untuk menurunkan kadar kolesterol menjadi normal.  Madu hitam pahit bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Jika rutin diminum, maka lama-kalmaan kadar kolesterol akan menurun ke tahap normal.


3. Mengatasi diabetes
Madu pahit memberikan manfaat besar untuk penderita diabetes. Yang membantu penderita diabetes agar mampu dengan baik mengontrol kadar gula di dalam darah, agar tidak terlalu tinggi kadar gulanya. Kadar gula yang tinggi menjadi masalah besar bagi penderita diabetes.

Dengan minum madu hitam pahit tanpa campuran apapun (terutama gula) maka memberikan khasiat penting untuk mengatasi diabates. Hal ini agak berbeda dengan jenis madu pada umumnya, madu pahit rendah akan kandungan gula, yang membuatnya cocok dikonsumsi penderita diabetes.

Madu pahit sangat rendah glukosa, dan mengandung banyak alkaloid. Hal ini memberikan manfaat besar bagi penderita diabetes yang mengonsumsinya.

Manfaat yang diperoleh juga mampu menurunkan frekuensi BAK di malam hari, menjaga fungsi penglihatan agar tetap baik, dan juga mampu mengoptimalkan proses pengeringan luka pada penderita diabetes, sehingga bisa lebih cepat kering. Hal itu karena luka yang dialami penderita diabetes seringkali susah mengering.

Penderita diabetes tipe 2 tetap dapat memproduksi insulin di dalam tubuhnya, akan tetapi insulin yang dihasilkan tidak bisa memadai dari kebutuhan yang diperlukan.  Sehingga peran organ pankreas tidak mampu mencegah kenaikan gula darah.

Masalah lainnya, kondisi gula darah yang kadarnya tinggi dapat mengakibatkan terjadinya masalah serius pada organ otak, jantung dan ginjal. Sehingga mengkonsumsi madu pahit ini sangat diperlukan untuk mengontrol gula bagi penderita diabetes.

Jika penderita diabetes biasanya suka mengonsumsi gula, lalu diganti kebiasaan tersebut dengan mengonsumsi madu pahit maka akan memberikan peluang besar agar penyakit diabates dapat diatasi.

Madu yang manis pun lebih baik daripada gula. Pada salah satu penelitian menemukan bahwa madu lebih baik daripada gula bagi penderita diabetes. Dimana rasa manis pada madu tidak seperti sukrosa, madu rendah kalori tetapi sangat bergizi.

Dan madu pahit ini jauh lebih rendah lagi kadar gulanya dibandingkan madu biasa.

4. Meningkatkan stamina
Tentunya untuk bisa menjalankan aktivitas sehari-hari yang padat, akan sangat diperlukan kondisi stamina yang prima. Minum madu pahit mampu secara signifikan untuk meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh dalam menjalakan banyak tugas sepanjang hari.

Hal itu karena di dalam madu pahit terkandung asupan vitamin dan mineral yang sangat banyak. Yang sangat diperlukan tubuh.

5. Meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh
Agar tidak mudah jatuh sakit, terutama flu dan demam yang menjadi ‘langganan’ penyakit bagi banyak orang. Mengonsumsi madu pahit mampu mengoptimalkan sistem kekebalahan tubuh, tubuh tidak akan mudah mengalami jatuh sakit. Di dalam madu hitam kaya akan kandungan antidioksidan dan vitamin.

6. Menjaga fungsi organ jantung
Kandungan polifenol yang cukup tinggi terdapat di dalam madu pahit, memiliki fungsi yang besar sebagai antioksidan tubuh, yang  bermanfaat untuk menangkal serangan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Mengkonsumsi madu secara rutin telah terbukti secara ilmiah oleh para peneliti, mampu menjaga kesehatan organ jantung.

Kondisi peradangan pada dinding dalam pembuluh darah, memicu terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah, yang kemudian meningkatkan resiko penyakit jantung. Pentingnya kandungan zat antioksidan di dalam madu hitam untuk mencegah terjadinya peradangan pada dinding pembuluh.

loading...

7. Mengatasi masalah susah tidur
Sangat menyiksa sebernanya jika susah tidur di malam hari, karena kita sangat mengharapkan bahwa di pagi dan siang hari tubuh akan kembali fit dan segar. Sehingga siap untuk menyongsong kegiatan padat sehar-hari. Selain itu, gangguan tidur akan mengakibatkan masalah serius pada kesehatan, seperti memicu gangguan pada organ jantung dan otak.

Minum madu pahit mampu membantu Anda agar bisa tidur dengan lebih nyaman dan nyenyak. Sehingga tidur bisa lebih berkualitas. Disarankan agar tidur Anda lebih berkualitas lagi, maka matikan lampu saat tidur.

Baca: 15 Manfaat Tidur Dalam Keadaan Gelap (Mematikan Lampu)

8. Membantu mencegah kegemukan
Rutin minum madu pahit membantu Anda untuk bisa memiliki bentuk tubuh yang ideal. Hal itu karena kandungan di dalam madu pahit punya sifat untuk lama dicerna. Kegunaannya dapat membuat rasa kenyang di perut yang lebih lama. Memanfaatkan madu hitam ini untuk membantu menurunkan berat badan ke tahap normal, lebih aman dari pada memakai obat kimia tertentu.

9. Mengatasi masalah tenggorokan seperti baruk dan pilek
WHO telah memberikan saran untuk mengatasi masalah di tengggorokan dengan menggunakan madu. Walaupun masih belum terdapat bukti ilmiah dari pernyataan WHO ini. Kandungan di dalam madu Pahit ini terdapat zat yang berfungsi untuk melegakan tenggorokan dan melapisinya guna memberikan pelindungan.

Madu hitam juga memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penyakit yang menyerang. Madu hitam dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk dan pilek alami yang lebih aman dan sehat bagi tubuh, karena tidak ada efek samping yang menimbulkan masalah seperti ketika menggunakan obat.

10. Mengobati radang tenggorokan
Sifat anti-bakteri yang dimiliki madu hitam berfungsi untuk mengatasi jaringan yang meradang. Anda bisa membuat seduhan teh yang dicampurkan madu dua sendok, manfaatnya akan membantu untuk menyembuhkan radang tenggorokan, serta membuat tenggorokan lebih lega.

11. Mengatasi masalah pencernaan
Untuk Anda mengalami masalah maag maka dapat memanfaatkan madu pahit untuk menurukan gejalanya. Dimana sifat Madu yang mudah dicerna serta menyehatkan pencernaan, akan sangat bermanfaat bagi penderita maag, termasuk bagi yang mengalami maag kronis.

Madu pahit telah terbukti dapat mengobati masalah luka pada tukak lambung. Disarankan mengkonsumsi madu pahit alami setelah Anda makan.

12. Sebagai masker wajah
Untuk mengatasi masalah flek hitam di wajah dapat memanfaatkan kandungan di dalam madu pahit ini. Anda bisa menjadikannya masker untuk wajah. Dengan menggunakannya akan mampu untuk mengurangi bercak hitam yang terdapat di kulit wajah.

Penyebabkan munculnya flek hitam akibat beberapa faktor, seperti stres, tidak menjaga kebersihan wajah dengan baik, dan faktor usia (dimana semakin berumur seseorang maka kolagen pada kulit wajah dapat semakin menumpuk yang kemudian memicu timbulnya flek).


13. Mengatasi jerawat
Masalah jerawat ini banyak dikeluhkan, baik itu oleh kalangan remaja maupun dewasa, lelaki maupun wanita. Karena timbulnya jerawat di wajah akan membuat tidak percaya diri. Selain itu, juga tidak sehat  dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Kandungan yang ada di dalam madu hitam pahit bermanfaat untuk mengatasi masalah infeksi pada kulit wajah.

Timbulnya infeksi pada wajah ini akibat dari bakteri dan asupan lemak yang berlebihi. Anda dapat memanfaatkan madu untuk mengatasi masalah wajah berjerawat. Dengan metode masker, yang perlu Anda lakukan adalah mengoles merata di semua bagian wajah.

Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi madu hitam. Sehingga Anda dapat mengatasi jerwat dari luar dan dalam, sehingga penyebuhannya bisa lebih cepat. Anda juga harus rajin mencuci muka, terutama setelah dari luar yang banyak polusi dan kotoran di jalan.

14. Mencerahkan kulit
Manfaat selanjutnya adalah mengangkat sel kulit mati di wajah. Sehingga bermanfaat agar mencerahkan kulit wajah dan juga membuat kulit terasa lebih kencang. Mengoleskan madu hitam pahit pada wajah membantu menghilangkan sel kulit mati.

Untuk membuat ramuannya, yaitu Anda perlu mencampur satu sendok madu, oatmeal dan air lemon. Setelah dicampurkan maka aplikasikan pada wajah sembari memijat wajah. Setelah semuanya selesai, maka tunggu hingga kandungan pada masker ramuan meresap ke kulit wajah. Setelah itu, baru bersihkan wajah.

Madu Pahit dapat juga untuk mengencangkan kulit wajah dan mencegah kerutan-kerutan pada wajah. Manfaatkan madu pahit sebagai masker wajah, oleskan di wajah tipis-tipis, lalu diamkan selama 20-25 menit, atau didiamkan sampai mengering, setelah itu bilaslah menggunakan air hangat (jika penggunaan dilakukan pada malam hari) atau air biasa (jika penggunaan pada pai atau siang hari).

15. Meningkatkan kesuburan
Anda dapat memanfaatkan madu pahit ini untuk mengatasi gairah seksual yang menurun. Madu pahit mempunyaki sifat afrodisiak, yang berfungsi sebagai penambah gairah dan menguatkan vitalitas tubuh. Selain itu juga menguatkan stamina tubuh.

16. Mengatasi masuk angin
Tubuh yang terasa pegal yang disertai rasa sakit di kepala, maka untuk mengatasi Anda bisa memanfaatkan khasiat dair madu pahit ini. Disamping itu Anda juga harus menjaga tidur dan istirahat yang cukup, jangan sampai tubuh terlalu lelah.

17. Menjaga kesehatan liver (organ hati)
Madu pahit memiliki kandungan mineral dan vitamin yang berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi organ hati. Keberadaan organ hati di dalam tubuh sangat penting untuk menyaring dan membuang zat-zat racun yang ada di dalam tubuh, untuk kemudian dibuang keluar tubuh melalui proses BAB, buang air kecil, dan keringat.

18. Mengoptimalkan fungsi ginjal
Mengonsumsi madu pahit bermanfaat penting bagi organ ginjal. Organ ginjal di dalam tubuh mempunyaki fungsi yang vial. Jika tubuh mengalami kerusakan ginjal maka akan menimbulkan gangguan serius bagi tubuh, bahkan bisa sampai tahap kematian.

19. Mengobati masalah Pernafasan
Kondisi kotoran dan zat racun yang banyak menumpuk pada organ paru-paru mengakibatkan masalah serius bagi pernafasan tubuh. Kotoran bia masuk ke paru-paru akibat dari tubuh yang sering terkena polusi di jalan, terutama asap kendaran bermotor dan debu jalanan. Untuk mengatasi gangguan pada pernafasan maka minumlah madu pahit.

20. Menyembuhkan luka lebih cepat
Sebuah penelitian di tahun 2012, dimana para Ilmuwan dari Cardiff Metropolitan University Wales, dari hasil penelitiannya menunjukan bahwa Madu mampu mengatasi infeksi dan juga mencegah perkembangan bakteri pada luka kronis, sehingga sangat penting untuk proses penyembuhan luka.

Di dalam madu hitam juga memiliki kandungan vitamin C, yang membantu untuk menyembuhkan luka dan mempercepat proses penyembuhan.

21. Mencegah penuaan dini
Madu hitam pahit memiliki zat antioksidan yang lumayan banyak, manfaatnya sangat penting bagi tubuh untuk menangkal serangan radikal bebas, mencegah penuaan dini, dan mencegah berkembangnya sel-sel kanker di dalam tubuh. Kandungan anti bakteri dan anti virus di dalam madu juga sangat penting.

Efek Samping Madu Hitam Pahit
Sebenarnya tidak terdapat efek samping dari madu pahit jika dikonsumsi tidak berlebihan. Jika Anda mengonsumsi madu pahit secara berlebihan mengakibatkan timbulnya resiko gangguan pada pencernaan atau perut, hingga bisa menyebakan diare.

Hindari memberikan madu pada bayi di bawah satu tahun. Hal ini dikatakan oleh banyak ahli kesehatan di negara-negara Eropa dan Amerika. Mereka mengatakan bahwa memberikan madu pada bayi di bawah umur satu tahun mengakibatkan bayi terkena penyakit botulisme.

Botulisme adalah penyakit akibat keracunan yang cukup berbahaya, yang disebabkan oleh racun akibat serangan bakteri Clostridium botulinum. Bahaya yang ditimbulkan bisa mengakibatkan kerusakan pada sistem saraf, seperti saraf pada organ otak, tulang belakang, dan lainnya, yang akhirnya bisa memicu kelumpuhan otot. (Sumber: Alodokter.com: Botulisme - Gejala, penyebab dan mengobati)



loading...

Tulisan Terkait:

Tips Aktifitas Sehari-hari

Tips Pendidikan dan Kesehatan Anak

Tips Makanan dan Minuman